Langsung ke konten utama

6 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Merawat Anak DBD Di Rumah

 

 

Manfaat internet saat merawat anak DBD di rumah (Foto : Fixabay)

Bulan Maret lalu menjadi bulan yang tak terlupakan. Sampai saat ini, mengingatnya saja sudah membuat saya merinding dan bersyukur, bahwa masa-masa ‘mengerikan’ itu-- dengan pertolongan Allah-- akhirnya bisa kami lewati. Alhamdulillah...

Saat itu perumahan kami dan perumahan lain di sekitar, tengah  mengalami wabah demam berdarah. Hampir setiap rumah yang memiliki anak, terserang demam. Jika tidak typhus, hampir dipastikan hasil diagnosis berdasarkan cek darah, terkena wabah demam berdarah yang dibawa oleh nyamuk Aedes Agaepty Dengue.

Tidak pernah ada kejadian seperti ini sebelumnya. Tidak pernah juga terlintas dalam pikiran saya, bahwa anak-anak saya akan mengalami serangan nyamuk ini. Bukan hanya satu-dua orang saja, melainkan 5 anak sekaligus, kecuali si kecil yang lolos dari virus ini karena pertolongan Allah semata, meski tak urung suhu tubuhnya selalu di atas 38 derajat celcius selama 2 pekan.

Melihat kondisi Zidna, yang sudah berhari-hari demam, lemas dan bibir pecah-pecah saya ingin segera membawanya ke rumah sakit, sesuai dengan instruksi dokter saat mengetahui hasil cek darah. Dokter menekankan bahayanya jika membiarkan anak tetap di rumah dengan jumlah trombosit yang turun drastis. Hanya sekitar 100 rb saja hasil cek darah saat itu.

Namun, berbeda dengan keinginan saya, suami menolak keras membawa anak ke rumah sakit. Alasannya, yang sakit tidak hanya satu anak, melainkan semua anak. Bagaimana mungkin keenam anak yang sedang demam tinggi dibawa ke rumah sakit? Siapa yang menjaga mereka di rumah sakit, jika di rumah sakit mereka dapat ruangan yang terpisah? Bagaimana jika ada yang harus dirawat dan ada yang cukup dirawat di rumah?

Ini bukan hanya masalah biaya saja, melainkan juga masalah tenaga. Sesanggup apa kami menjalani aktivitas antara rumah dan rumah sakit. Antara memenuhi kebutuhan yang masih sehat dan mendampingi anak-anak di rumah sakit.

Kami berdebat sengit kala itu, meski akhirnya saya mengikuti keinginan suami untuk merawat semua anak di rumah saja. Tentu dengan pembagian kerja yang jelas, bahwa yang bertanggung jawab merawat semua anak yang sakit adalah suami. Sementara saya cukup membantu sebisanya dan memastikan persediaan logistik, dari makanan hingga obat-obatan terpenuhi.

Keputusan yang diambil suami saya tentu bukan keputusan yang main-main, terlalu berani. Taruhannya adalah nyawa. Kami sudah merasakan luka mendalam ditinggalkan seorang anak, dan itu meninggalkan trauma. Kali ini, sungguh tak ingin ada lagi yang pergi meninggalkan kami.

Keputusan itu bukan tidak berdasar, suami bersikeras memutuskan setelah membaca banyak informasi di internet tentang penangan DBD. Juga dengan memanfaatkan konsultasi medis secara online dengan aplikasi kesehatan via internet. Untuk kondisi tertentu, kita bisa meminta kunjungan dokter dengan bantuan aplikasi kesehatan. Jadi manfaat internet saat merawat anak DBD betul-betul membantu kami melewati masa-masa kritis.  Begitu juga informasi dari teman-teman yang berbagi tips merawat anak DBD di rumah.

Aplikasi kesehatan untuk pendampingan dan konsultasi online (Foto :Alodoc)

Alhamdulillah dengan berbagi peran yang jelas (suami saya terpaksa cuti 10 hari, dan 24 jam nonstop mendampingi anak-anak di rumah), saling dukung dengan pasangan, juga suport dari keluarga dan teman-teman baik berupa materi dan doa, masa-masa sulit itu akhirnya berhasil kami lewati. Tiga pekan yang mendebarkan.

Oya, berikut ini tips yang kami lakukan saat merawat anak DBD di rumah.

Tips Merawat Anak DBD di rumah :

1.      Jangan panik

Jika kondisi tidak memungkinkan merawat anak di rumah sakit, hal pertama yang harus kita lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik. Serangan panik akan membuat kita tidak bisa fokus mencari informasi dan membantu anak melewati masa kritisnya dengan baik.

2.      Sediakan turun panas dan cek suhu tubuh secara berkala

 

Pengecekan suhu secara berkala untuk mengetahui kondisi anak (Foto: Fixabay)

Serangan DBD akan membuat anak mengalami demam tinggi, tak jarang akan membuat anak meracau. Ceklah suhu tubuh anak secara berkala, untuk mengetahui kondisi anak setiap saat (suami saya mencek dan mencatat perjam seluruh suhu tubuh anak).

Sediakan paracetamol  yang cukup di rumah untuk menurunkan suhu tubuh anak. Berikan 3-4 kali sehari untuk membantu anak mengurangi efek demam. Kompres dengan air hangat bisa membantu mengurangi demam pada anak.

Hindari pemberian Ibuprofen yang bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan lambung anak. Waspadai juga masa-masa kritis anak (biasanya hari ke-5 sampai hari ke-7) saat suhu tubuh mendadak turun. Inilah yang disebut pelana kuda. Biasanya suhu tubuh akan kembali naik tinggi lalu perlahan turun menuju suhu normal.

3.      Pastikan asupan cairan dan makanan yang cukup

Anak yang terserang DBD umumnya malas makan dan minum, maka kita wajib memastikan ada makanan dan cairan yang cukup. Jika perlu dengan memaksa anak untuk tetap makan dan minum, meski sedikit namun sering itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Berilah makanan yang lembut, seperti bubur, bubur susu atau biskuit. Pastikan anak untuk menghabiskan setidaknya 2 liter cairan per hari.

Kita juga bisa memberikan jus jambu merah, larutan penyegar atau cairan pengganti ion tubuh untuk menghindari dehidrasi pada anak.

Madu, salah satu herbal yang sangat dianjurkan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak(Foto : Fixabay)

4.      Sediakan herbal yang cukup

Banyak cara meningkatkan daya tahan tubuh dan jumlah trombosit. Selain jus jambu merah, rebusan daun jambu, rebusan daun ubi, kita juga bisa memberikan anak madu murni, madu angkak, sarikurma, vermin (obat cacing) dan propolis. 

Pilihlah yang paling disukai anak, dan berikan sesering mungkin.

5.      Jangan biarkan anak melakukan aktivitas berlebihan

Anak DBD akan merasakan tubuh yang lemas, sehingga rentan sekali terjatuh. Bila anak jatuh, maka kondisinya akan membahayakan karena memicu pecahnya saluran darah, terutama di bagian vital. Untuk menghindari hal itu, maka anak wajib menjalani bedrest.

Untuk menghindari kebosanan dan jenuh, kami membebaskan anak-anak untuk melakukan kegiatan yang mereka sukai, asal tetap berada di tempat tidur. Selain mewarnai, biasanya  anak-anak memilih menonton film.

IndiHome Interaktif TV bisa jadi pilihan untuk menghindari rasa bosan anak (Foto : IndiHome, Telkom Indonesia)

Memiliki TV Interaktif (UseeTV) sebagai salah satu produk IndiHome, sangat membantu menghilangkan kejenuhan anak-anak. Menonton tayangan menarik membuat anak lupa akan rasa sakit dan rasa bosan karena berada di tempat tidur saja. Maka jangan heran jika IndiHome, sebagai Internetnya Indonesia, menjadi pilihan para orangtua untuk menemani berbagai aktivitas  di rumah. 

Banyak film menarik untuk anak di UseeTV (Foto : IndiHome, Telkom Indonesia)

6.      Dampingi anak selama menjalani masa kritis hingga pemulihan

Mendampingi anak 24 jam selama sakit akan membuat anak merasa disayangi dan diperhatikan, hal ini sangat membantu menaikkan imunitas  anak hingga bisa melewati masa kritis dan masa pemulihan.

Namun hal ini hanya bisa dilakukan dengan adanya kerja sama yang baik antara ayah dan ibu, juga seluruh anggota keluarga. Juga doa yang tak henti dipanjatkan pada Sang Khaliq, Allah Ta’ala.

Demikian pengalaman kami merawat anak-anak saat DBD di rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat. Tetap semangat melakukan aktivitas tanpa batas bersama Telkom Indonesia.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak