Langsung ke konten utama

Senyum Yang Terbit di Pulau Salawati

 

Cerpen lokalitas (Foto : Unsplash)

Jika saja Anggita tahu, ujung dari sebuah pelarian hanya akan menimbulkan luka yang baru, mungkin ia akan bertahan di kota kelahirannya. Mencoba bersabar setiap kali rintik hujan menoreh hatinya. Bukankah apa yang tidak bisa membunuhmu hanya akan menjadikanmu lebih kuat? Ia pernah membacanya, namun abai untuk mempercayainya.

Hari-hari setelah kedatangan Sadine di tanah persembunyiannya ini membuat Kepulauan Raja Ampat kehilangan pesona. Tak ada lagi langit biru terang, yang menenangkan hati. Tak ada debur ombak yang meluruhkan keluhnya. Kedatangan perempuan itu membawa gemuruh luka yang membuat jiwanya luluh lantak.

Ia hampir melupakan Dion yang meninggalkannya demi perempuan pemilik lesung pipi yang indah itu. Ia baru saja ingin melupakan masa lalunya, ketika hujan mengirim mimpi buruk itu ke tempat ini. Mengapa?

Pertanyaan itu membelenggunya. Menimbulkan nyeri yang menyesakkan. Ia menghirup udara dalam-dalam. Berharap aroma laut yang lamat-lamat tercium mampu meredakan prahara di hatinya. Pelahan tangannya membuka jendela kamar, membiarkan angin malam menguapkan keresahannya yang terasa begitu pekat akhir-akhir ini. Sepertinya ia memang harus segera pergi dari rumah ini.

Pamit meninggalkan rumah panggung Mama Latifah Salawati sudah dipikirkannya masak-masak. Selain hujan yang mulai jarang, ia merasa tak nyaman serumah dengan Yose. Terlebih setelah kedatangan Sadine. Ia lelah menghindari Yose, terutama Sadine.

Kedatangan Sadine membuat rumah kediaman Mama Latifah terasa lebih hidup dan penuh gelak canda. Ia sering mendengar suara tawa mereka, karena Sadine begitu pandai memancing tawa. Anggita tak ingin tampak aneh di mata semua orang. Ia tak ingin Mama Latifah atau  Yose tahu tentang masa lalunya. Tentang lukanya. Tentang Sadine yang telah membawa Dion pergi. Juga rasa yang baru saja tumbuh di dadanya. Itu adalah rahasianya.

 Awalnya Mama Latifah tampak keberatan, ia mulai merasa sayang pada gadis pulau Jawa  yang lembut dan pandai membawa diri itu. Namun ia cukup bijaksana untuk diam-diam memahami konflik yang terbangun antara anaknya dan Anggita sejak kedatangan Sadine.

Mama Latifah pun mengizinkan Anggita kembali ke pondok di pinggir laut dengan satu syarat, yaitu harus ada gadis setempat yang menemaninya. Beliau memilih Fatimah, sepupu Yose, untuk menemaninya.

Anggita menarik napas lega. Berbulan-bulan di Pulau Salawati membuatnya cukup akrab dengan gadis remaja yang lincah dan periang itu. Ia yakin, mereka akan baik-baik saja. Lagi pula, siapa yang berani mengganggu mereka berdua? Mama Latifah sudah mewanti-wanti penduduk setempat untuk menjaga dan menghormatinya. Selama ini, sebagai tetua kampung, suara Mama Latifah selalu didengarkan.

Yose sudah sepekan pergi mengantar Sadine ke daerah-daerah wisata di Raja Ampat. Entah apa yang dilakukan perempuan itu di sini. Ia tak ingin tahu. Apalagi pekerjaannya sebagai peneliti hutan  mangrove cukup menyita waktunya. 

Biasanya ia dan Yose bersama-sama memberikan penyuluhan ke masyarakat setempat tentang pentingnya menjaga kearifan lokal. Bersampan menyusuri Sungai Doktor yang panjang dan menyapa hangat penduduk yang tengah berendam di sungai. Mereka percaya sungai itu mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Lalu mengagumi ikan-ikan pelangi yang berlenggang-lenggok manja memantulkan keindahan warna sisiknya.

Tak jarang ia ikut menanam pohon sagu muda setelah kaum lelaki menebang 2-3 batang pohon untuk membuat sagu yang menjadi makanan pokok penduduk setempat. Warisan leluhur yang dijaga baik-baik oleh penduduk setempat dengan keterlibatan aktif Yose sebagai penerus kepemimpinan adat di Pulau Salawati.

Itu juga yang menjadi salah satu sebab pemuda itu mendukung kegiatannya untuk melakukan penelitian hutan mangrove di tanah yang begitu dicintainya. Semakin mengenal Yose, rasa kagum pada sosok tegap berkulit tegap itu semakin besar. Terlebih, pemuda itu pun mampu menghadirkan rasa nyaman saat bersama. 

*

Melindungi hutan mangrove, melindungi ekosistem (Foto : Pixabay)


Menjaga kelestarian hutan bakau artinya melindungi kelangsungan hidup masyarakat. Selain untuk melindungi ekosistem laut, terutama terumbu karang, yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Salawati, juga bisa dimanfaatkan untuk beternak udang, ikan. Pohon bakau bahkan berguna untuk pengobatan seperti diare, sakit gigi, diabetes dan lain-lain. Anggita mempelajarinya dari internet.

 Ia tak akan bisa memberikan informasi semacam itu jika ia tak melakukan riset terlebih dahulu. Manfaat internet memang sangat terasa, bahkan saat berada jauh dari keramaian.

Ia merasa bersyukur, meski jauh dari ibukota, jaringan Telkom Indonesia sangat membantu ketika ia harus mengirim laporan-laporan ke kantor pusat di Bogor. Keberadaan IndiHome, sebagai Internetnya Indonesia, dengan jaringan kabelnya yang menjangkau hingga tanah Papua menghilangkan kendala-kendala komunikasi. Apalagi IndiHome selalu mengadakan perbaikan ratio dengan meningkatkan kecepatan transfer data efektif dan menurunkan ratio penundaan data yang terkirim, sehingga berselancar di internet menjadi lebih cepat dan stabil. Kesibukannya itu membuatnya sedikit melupakan masalah yang akhir-akhir ini membuatnya merasa tak nyaman. 

Proses pengolahan batang sagu menjadi tepung siap olah (Foto : Youtube)

 

Seharian ini ia habiskan untuk mengikuti acara pesta sagu. Jika ada Yose, tentu pemuda itu dengan senang hati turun tangan membantu. Dari proses menebang pohon sagu, lalu memarut dan memeras serbuk sagu hingga airnya mengendap dan menjadi adonan tepung sagu. Hati Anggita menghangat mengingat Yose. Seperti biasa ia bertugas membantu di dapur bersama para ibu dan gadis.

Mereka  mengolah sagu menjadi semacam bubur, lalu dihidangkan dengan kuah kuning yang dimasak bersama  udang dan ikan hasil tangkapan kaum laki-laki. Mereka menyebutnya Papeda. Hidangan yang sungguh lezat. Saat ditawari cemilan favorit berupa ulat sagu, Anggita dengan sopan menolak cemilan yang konon rasanya lezat, seperti susu.

Langit tengah berpesta cahaya saat tubuh letihnya akhirnya berhasil menaiki anak tangga terakhir. Ia mengira akan menjumpai Fatimah lengkap dengan pisang rebus atau sagu bakar dengan lauk ikan yang sedap.  Namun kali ini ia salah.

“Sampai kapan kamu ingin menghindariku?”

Yose. Lelaki itu tidak  menatapnya, melainkan menatap jauh ke tengah lautan. Bayang-bayang hutan mangrove mulai tampak gelap. Sementara laut dengan suka cita bermandikan cahaya. Pelan dan syahdu, bola raksasa berwarna jingga itu pun menghilang.

“Kamu... bertanya sama siapa?” Anggita tergagap. Menyesal mengeluarkan pertanyaan sebodoh itu.

“Kamu pikir aku bertanya pada siapa lagi?” Suara Yose terdengar jengkel. Tak pernah Anggita mendengar Yose sejengkel ini. Ia pun mencoba membela diri.

“Aku nggak menghindari kamu. Kamu tahu kan, aku sibuk. Lagi pula, kamu juga sibuk dengan temanmu itu. Aku tak ingin mengganggu kalian.” Terdengar suara dengusan Yose. Anggita pura-pura tak mendengarnya.

“Ok. Sudah malam. Aku mau istirahat dulu.”

“Dengar, Anggita, tak ada hubungan apa-apa antara aku dengan Sadine, atau dengan perempuan mana pun. Kuharap kamu tahu itu.” Suara Yose terdengar dalam. Anggita terpaku. Sejenak ada perasaan lembut yang merayapi hatinya. Namun, ia segera menepisnya. Ia sudah pernah terluka sekali. Ia tak ingin terluka untuk keduakalinya. Sungguh tak ingin.

Matahari telah betul-betul sempurna terbenam. Bintang gemintang bertaburan di atas langit Pulau Cenderawasih. Anggita menghembuskan napas panjang.

“Aku sudah lelah, Yos. Aku ingin istirahat.” Ia mengusir Yose secara halus. Pertemuan kali ini di luar rencananya. Untunglah Fatimah segera datang, dan menyelamatkannya dari situasi yang serba tak nyaman.

*

Hari-hari selanjutnya adalah hari-hari yang padat. Tak seperti biasa, setelah Yose kembali, ia memilih untuk  sibuk berkutat dengan berbagai laporan kegiatan dan konfrensi jarak jauh. Atau pun, sekadar menyapa dan becanda dengan rekan-rekan kantornya, seolah jarak terlipat ribuan kilo dengan adanya fasilitas internet cepat dari  IndiHome. Ia melakukan apa saja agar tidak bertemu dengan lelaki itu.

Hari sudah beranjak petang. Matanya sudah amat lelah menatap layar laptop. Ia memalingkan wajah ke arah jendela yang  terbuka lebar. Sejak tinggal di pondok di tepi laut ini, ia selalu melakukan itu. Selain bebas memandang laut yang dipagari pohon-pohon mangrove, juga agar angin laut yang membawa aroma mangrove bisa bebas masuk. Ia menyukai perpaduan aroma asin air laut dan pohon mangrove yang banyak tumbuh di Pulau Salawati ini.

Perlahan ia bangkit dan melangkah keluar dari pondok. Suasana begitu sepi, agaknya Fatimah belum kembali dari menengok ibunya. Tiba-tiba matanya terpaku menatap lelaki yang tengah duduk diam di bibir teras. Lelaki berkulit gelap itu bergeming saat Anggita memutuskan untuk mendekati dan duduk di sebelahnya.

“Aku sudah tahu semuanya.” Lelaki itu tiba-tiba berpaling dan menatap Anggita dalam-dalam. Anggita tersentak. “Apa yang kamu tahu?” Ia berusaha membuang rasa jengah yang menyeruak tiba-tiba.

“Aku tahu tentang pelarianmu ke tanah ini. Aku tahu apa yang terjadi antara kamu, Sadine, ... Dan Dion.”

Wajah Anggita memerah. Ia tak menyangka Yose akan  menyelidiki kehidupan masa lalunya.

“Aku memaksa Sadine bercerita pada saat mengantarnya pulang.”

“Kamu...?” Suara Anggita bergetar menahan kecamuk rasa yang membuncah di dadanya.

“Sadine mengatakan bahwa ia tak pernah berniat menghancurkan rumah tangga kalian. Dion memang memang terobsesi padanya. Tapi ia tak pernah mencintai Dion. Ia tak ingin ...”

“Sudah, Yose! Cukup. Aku tak ingin lagi mendengar penjelasanmu tentang perasaan Sadine pada Dion. Atau perasaan Dion pada Sadine. Aku sudah cukup terluka, tidakkah kamu tahu itu?” Anggita memalingkan wajahnya. Menahan air mata agar tak tumpah di hadapan Yose. Ia tak ingin terlihat lemah dan bodoh.

“Anggita... Maaf.” Yose menghela napas. Matanya kembali menatap laut, mencari kata-kata yang tepat untuk diucapkan. “Aku tak bermaksud membuatmu kembali terluka. Aku tak ingin kamu terluka. Jika mungkin,... selamanya.”

Anggita terdiam. Menekan dalam-dalam desir lembut yang membuat wajahnya merona.

“Aku mencintaimu, Anggita.”

“Tapi... kondisiku tak sesederhana yang kamu pikirkan. Aku...”

“Mama sudah tahu, jika itu yang kamu pikirkan.”potong Yose cepat. “Dan aku menunggumu, kapan pun kamu siap meninggalkan masa lalumu.”

Anggita menatap lelaki di sampingnya. Bola mata indahnya menakar kesungguhan di raut kukuh lelaki yang diam-diam mencuri hatinya itu. Yose membalas tatapannya dengan tatapan yang membuat Anggita ingin membenamkan diri di kedalamannya.

Debur ombak  yang pecah di batu-batu karang memantulkan deburan indah di dadanya. Anggita tahu, sudah saatnya ia melangkah keluar dari bayangan masa lalu. Seulas senyum indah terbit di wajahnya, berlatar lautan yang disepuh cahaya jingga keemasan. 

Tamat.

 

(Baca juga : Di Ujung Kemarau ya, saya menulis alasan Anggita pergi ke Pulau Salawati di sana. Cerpen itu pernah dimuat di Majalah Femina)

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak