Langsung ke konten utama

Serba-serbi Merawat Kucing Ras Yang Harus Cat Lover Ketahui

Serba-serbi merawat kucing ras yang harus cat lover ketahui (Foto : Unsplash)

Memelihara kucing dapat mengurangi stres loh. Wajarlah ya, karena kucing termasuk hewan peliharaan yang pintar membawa diri juga menggemaskan. Apalagi  jenis kucing ras yang gemoy, berbulu lebat dan manja. Nah, agar kucing ras tetap sehat dan bebas dari penyakit, mau tidak mau, kita harus merawatnya dengan sungguh-sungguh.

Seperti halnya merawat anak, selain memberi makan dan tempat tidur, pastikan kamu mampu mendidik kucing agar tertib dan tahu aturan di rumah.

Kucing bisa dididik? Ya. Bisa dong.

Begitu memutuskan memelihara kucing, artinya kamu siap mengajari kucing beberapa hal mendasar. Seperti : di mana kucing harus pup. Tempat makannya diletakkan di mana, apa yang tidak boleh dan yang boleh dilakukan.




Beberapa hal berikut yang harus kamu tahu saat memutuskan memelihara kucing ras di rumah

1. Perawatan wajib untuk kucing ras

1. Grooming/ Mandi : 

Dry grooming atau mandi kering
Mandi kering ini bisa dilakukan sepekan sekali.
Yaitu dengan cara melap kucing ras dengan menggunakan tisu basah (for baby), lalu menyisir bulunya dengan sisir khusus.

Wet grooming atau mandi basah minimal sebulan sekali. 
Ini dilakukan seperti mengeramas rambut. Gunakan shampoo khusus kucing ya.

Jangan lupa, untuk memotong kuku dan membersihkan area kupingnya.
Jika rutin dilakukan, percaya deh kucing ras kesayangan akan selalu wangi, bersih dan bebas kutu.

2. Makan : 

Pilihlah dry food yang premium atau -minimal- standar seperti whiskas. Namun hati-hati. Jangan dry food yang terlalu murah karena bisa menyebabkan kucing ras terkena penyakit kencing darah. Atau mengeluarkan darah pada saat pipis.

Selain dry foodwet food olahan sendiri juga bisa diberikan. Misalnya dengan bahan kepala ayam dicampur jelly kemudian diblender.

3. Minum :

Sediakan minum dengan wadah khusus.
Kucing ras atau kucing rumahan biasanya makan dan minum dengan wadahnya sendiri.

4. Pasir : 

Sediakan pasir khusus untuk tempat pup dan pipis kucing.

Akan lebih baik jika menggunakan pasir gumpal di wadah yang sudah disediakan. Pasir gumpal ini memiliki kelebihan bila terkena kencing atau kotoran akan langsung menggumpal dan menyebarkan aroma harum.

2. Tindakan yang harus dilakukan jika kucing sakit 

Jika kucing ras sakit, hal yang harus kita lakukan adalah membawanya ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Akan tetapi jika kucing ras menunjukkan terkena flu, kita bisa melakukan perawatan di rumah saja. 
 
Obat flu untuk kucing ras yang terkena flu. (Foto : Neneng Y)


Yaitu dengan cara memberi obat flu khusus kucing, yaitu Flu Cat dan imboost for kids 1 ml / hari.
Untuk menambah nafsu makan, berikan wet food. Merk Royal Canin.
Bisa juga merek lain sesuai kantong, seperti Snack Liquid atau Vitaplus.
Selain itu bisa disiasati dengan pemberian madu n perasan kunyit yang dicampur ke dalam wet food.

Jangan lupa jaga kebersihan dengan tetap  melakukan dry grooming (mandi kering) dan  menjemur kucing ras yang sedang sedang sakit flu sekitar 10 menit pada jam 8 pagi.


Kucing ras juga bisa terkena kutu apalagi bila sering berinteraksi dengan kucing liar. Untuk menghilangkan kutu-kutu pada kucing bisa dengan menggunakan obat-obatan yang banyak dijual di online shop. Pilih yang sesuai dengan kantong.

Selain itu, kucing ras juga bisa terkena jamur. Bisa jamur biasa, atau bahkan scabbies. Nah, jika kucing ras peliharaan terkena scabbies, berhati-hatilah. Karena jamur jenis ini bisa menular ke manusia.

Kucing yang  terkena jamur scabbies dapat dilihat dari  tanda yang  terlihat, yaitu  daun telinga kucing mengeras/tampak keras dan kaku. Jika terkena jamur ini, segeralah ke dokter untuk mendapatkan suntikan anti jamur.



3. Perlukah kucing disteril?

Ada dua pendapat mengenai perlu tidaknya kucing disteril. Akan tetapi mungkin ada baiknya jika kita tahu apa manfaat steril.

1. Kucing ras yang sudah disteril biasanya hidup lebih sehat, gemuk dan damai karena tidak merasakan birahi yang sering membuatnya gelisah dan suka menyerang kucing lain.

2. Lingkungan menjadi bersih karena bebas dari spray(kucing suka pipis jika sedang birahi)

3. Barang-barang tidak mudah rusak  karena dicakar atau digigit kucing yang ngebet pingin kawin.

4. Vaksinasi dan vitamin

Nah pemberian vaksinasi ini juga amat penting untuk menjaga kesehatan anabul kesayangan.
Pemberian vaksin pada kucing ras minimal setahun sekali, untuk kucing ras yang tak pernah keluar rumah.

Pemberian obat cacing bisa dilakukan tiap 3 bulan sekali.
Namun pemberian vitamin dan pakan sehat harus diberikan secara rutin.
Mikkaila, kucing ras kesayangan Bu Neneng Y.


5. Beda antara cat lover dan hobi

Seorang cat lover akan menyayangi kucing-kucingnya dengan sepenuh hati. Menganggap kucing sebagai bagian dari keluarga. Maka tidak heran jika anabul mereka kabur, hilang atau mati, mereka akan merasa seperti kehilangan anak.

Anabul akan dilimpahi kasih sayang dan dirawat sebagai mana mereka merawat buah hati mereka. Tak ada kata pengorbanan untuk memberikan yang terbaik untuk kucing-kucing kesayangan.

Sementara seorang yang hobi memelihara kucing ras, mereka biasanya hanya menyukai kucing karena mengikuti trend, atau, sebatas suka dengan kelucuan kucing-kucing tersebut. 

Tidak ada ikatan yang mendalam terhadap anabul, sehingga jika anabul sakit, atau berat menanggung biaya pakan sehari-hari, mereka dengan senang hati memberikan anabul pada orang lain. Atau bahkan membuangnya begitu saja.

Memelihara anabul, khususnya kucing ras, memang membutuhkan biaya besar. Berbeda dengan kucing domestik yang lebih tangguh dan survive, kucing ras memerlukan perlakuan lebih.

Anaknya Mikkaila ini tuh. Lucu yaa

Jadi alangkah baiknya sebelum memutuskan memiliki kucing ras, kita memperhitungkan biaya perawatan wajib dan tambahan perbulannya. Agar tidak kaget, lantas menyia-nyiakan kucing ras yang kita miliki jika dikemudian hari merasa berat.

Nah, cat lover semoga artikel ini bermanfaat. Oya trims banget tuk Teh Neneng Y yang sudah meluangkan waktu untuk berbagi info tentang serba-serbi merawat kucing ras. 

Tulisan ini saya akhiri dengan sebuah kutipan  menarik --- tapi saya lupa dari siapa :
"Barang siapa yang mencintai yang di bumi, maka yang di langit pun akan mencintainya."


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak