Langsung ke konten utama

Funiculi Funicula, Novel Unik Yang Menyentuh Karya Toshikazu Kawaguchi

Novel unik dan menyentuh karya Toshikazu Kawaguchi (Foto : ini_kolibri)


Jika ada kesempatan kembali ke masa lalu, apa yang paling ingin kamu lakukan? Mengubah satu detil penting kehidupan yang akan mengubah masa depan? Yup. Kebanyakan orang pasti akan memilih kesempatan ini. Saya juga 😊

Namun, apabila kembali ke masa lalu tidak akan mengubah kenyataan hari ini, masih adakah keinginan untuk kembali? Sementara syarat untuk kembali ke masa lalu terasa berat untuk dijalani.

Funiculi Funicula, sebuah novel karya Toshikazu Kawaguchi. Novel yang ditulis dengan ide unik, yang menjalin kisah-kisah para tokoh di dalamnya dengan apik dan rapi.

Funiculi Funicula merupakan sebuah kafe yang letaknya tersembunyi di bawah tanah. Letaknya yang tersembunyi di sebuah gang, membuat kafe itu senantiasa sepi. Tak banyak pengunjung yang datang, kecuali mereka yang ingin mencari tempat sunyi. Atau ingin kembali ke masa lalu.

Seperti seorang perempuan yang ingin berbaikan dengan pasangannya, seorang perawat yang ingin membaca surat dari suaminya yang tak pernah diberikan kepadanya, atau seorang ibu yang ingin menemui anak yang mungkin takkan pernah dikenalnya.

Namun ada banyak peraturan yang harus diingat. 

Satu, mereka harus tetap duduk di kursi yang telah ditentukan. 

Dua, apa pun yang mereka lakukan di masa yang didatangi takkan mengubah kenyataan di masa kini.

Tiga, mereka harus menghabiskan kopi khusus yang disajikan. Dan menghabiskan kopi itu sebelum dingin. Sebatas itu lah waktu yang mereka miliki.

Jika melanggar salah satu syarat tersebut, mereka akan terjebak di masa lalu dan tak bisa kembali ke masa kini. 

Kekuatan novel ini tidak hanya terletak pada keunikan ide, namun juga pada karakter tokoh yang kuat, juga jalinan kisah yang mengharu biru.

Meskipun kenyataan tidak bisa diubah, namun orang-orang yang kembali dari masa lalu dengan hati yang baru, siap menghadapi masa depan yang dengan segala kejutannya.

Seperti keyakinan Kazu (di halaman terakhir) bahwa kekuatan hati cukup bagi seseorang untuk melewati kenyataan yang dihadapinya, sepahit apapun kenyataan itu. 

Meskipun tak bisa mengubah kenyataan, asalkan masih ada hati yang tergerak untuk berubah, selama itu pula kursi tersebut istimewa.

Novel setebal 223 halaman ini, bisa menjadi teman yang menyenangkan dibaca di waktu luang.  Kisah-kisah yang menyentuh dan diksi-diksi yang kuat akan membuat kita tak hendak meletakkan buku ini sebelum selesai.

Buku ini juga membuat kita berpikir lebih mendalam tentang orang-orang yang kita sayangi. Membuat kita belajar untuk lebih menghargai waktu bersama mereka, khususnya keluarga.

Karena, betapa pun ingin kita kembali ke masa lalu, kita tak akan pernah bisa kembali. Kita tidak akan bisa mengubah masa lalu. Yang bisa kita lakukan hanyalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas hubungan hari ini, agar tak ada sesal di masa depan.

Buku ini cocok untuk menghadiahi diri sendiri ataupun orang-orang yang kita sayangi.

Menghadiahi diri sendiri atau para kesayangan di @ini_kolibri (foto : ini_kolibri)


Oya, kamu bisa mendapatkan novel ini di tokbuk online @ini_kolibri dengan harga diskon loh.

Owner  @ini_kolibri, selalu berusaha memberikan atau memilihkan buku-buku terbaik, yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan customer nya. Lalu membungkusnya dengan kertas-kertas kado dan pita yang cantik. Membuat hati penerima terasa hangat.


Etalase @ini_kolibri

Salam manis.
Sepahit apapun masa lalu tetaplah tersenyum manis, hari ini.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak