Langsung ke konten utama

Antologi Kisah Inspiratif Para Pecinta Al Qur'an

Antologi Kisah Inspiratif Para Pencinta Al-Qur'an (Foto : Asdina)


Buku antologi kisah inspiratif para pecinta Al Qur'an, Bahagia Tanpa Tapi, ini saya terima dari seorang teman dekat, Mba Dina. Tak ada tendesi apa pun saat mulai membuka bukunya.

Rasa tertarik lebih kepada rasa ingin tahu, apa yang ditulis Mba Dina, salah seorang kontributor yang cukup lama saya kenal dalam dunia kepenulisan.

Seperti yang sudah-sudah, tulisan Mba Dina amat baik dan mengalir. Diawali dengan konflik, Mba Dina menceritakan tentang komunikasinya dengan Bima, anaknya, yang mulai membaik setelah  berinteraksi secara intensif dengan Al Qur'an.

Begitu juga dengan seluruh kontributor, semua menceritakan bagaimana Al Qur'an telah menjadi obat sekaligus jalan untuk menemukan kebahagiaan dengan pasangan, anak, keluarga besar serta hubungan dengan orang lain.

Interaksi yang konsisten, terstruktur dan sistematis membuat Al Qur'an menjadi cahaya yang menyingkap tabir gelap segala permasalahan yang tengah dihadapi, dengan bimbingan Pak Ustadz tentunya --yang tak disebutkan namanya di dalam buku ini, saya menduga, ini  tentu atas permintaan beliau.

Berulang-ulang dalam buku ini dituliskan, jika menghadapi masalah -apapun- dalam kehidupan, berpikirlah secukupnya dan perbanyak berdzikir. Karena seluruh solusi dari permasalahan yang kita hadapi adalah dengan cara berdzikir.

Salah satu cara berdzikir adalah dengan membaca Al Qur'an. Tilawah Al-Quran.

Jika tilawah yang kita lakukan tak kunjung memecahkan masalah, tambah dan tambah lagi dosisnya. 

Tilawah Al Qur'an ini,  tentu diiringi dengan adab dan niat yang benar sebelum membaca Al Qur'an. Fokuskan untuk mencari ridho Allah semata serta selalu berbaik sangka kepada Rabb, Allah Robbul'alamiin.

Antologi Kisah Para Pencinta Qur'an  Yang Lengkap

Semua menceritakan kisahnya masing-masing, dan membuktikan keajaiban Al Qur'an bekerja dalam kehidupan mereka. Masya Allah...

Kelebihan buku Bahagia Tanpa Tapi ini, menurut saya, ada pada kejujuran para kontributor dalam menulis.

Mereka masing-masing jujur saat menulis kisah di buku ini. Jujur menceritakan diri sendiri maupun gaya dalam menulis. Hal ini tampak dari tulisan  yang berbeda-beda  teknis penulisannya. 

Ini menjadi poin plus, dan membuat buku menjadi lengkap dengan keunikan kontributornya.

Ada tulisan-tulisan yang menyentuh hati -- membuat saya menangis saat membacanya, salah satunya tulisan Mba Adrya yang menulis secara detail kisah kehilangan putra pertama yang amat dicintainya, dan perjuangannya meraih bahagia bersama suami dalam naungan Al Qur'an.

Ada juga tulisan yang memotivasi para pemula, termasuk mereka yang ingin menghapal, namun belum baik bacaannya. Atau, yang ingin menghapal, namun ragu dengan kemampuan diri.

Kisah-kisah itu semakin lengkap dengan panduan cara menghapal dan berinteraksi dengan Al Qur'an, yang ditulis dengan lugas dan praktis.

Satu hal yang pasti, usai membaca buku antologi ini, dalam diri saya pribadi, tumbuh keinginan untuk lebih mengenal dan menghapal Al-Qur'an. Jangan menjadikan usia sebagai halangan, karena, toh nyatanya, para kontributor  memulai saat berusia rata-rata setengah abad. Usia bukan halangan, justru menjadi booster untuk lebih giat dan maksimal mempelajari Al Qur'an dan menghapal ya.

Menjadikan Al-Qur'an sebagai obat. Penyembuh bagi seluruh persoalan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu hal yang perlu digarisbawahi  dari buku ini adalah luangkan waktu untuk membaca Al Qur'an, bukan menunggu waktu luang.

Bukankah kematian pun tak menunggu waktu luang untuk datang menjemput kita?

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Sahabat Moma. Salam....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak