Langsung ke konten utama

Tantangan Mendampingi Gen Z di Masa Daring

 

Pentingnya ortu mendampingi Gen Z di masa kini


Sudah setahun berlalu, namun pandemi ini seperti belum menemukan titik terang untuk berakhir. Ini artinya, mau tidak mau anak-anak akan terus belajar dengan sistem daring. Sebagai ibu dari 7 orang anak, dua di antaranya tepat di usia Gen Z, jujur saja, kadang saya bingung menghadapi anak, yang menurut Dya Loretta, sanggup menghabiskan waktu lebih dari 10 jam per hari di depan gawai. OMG. 

 Yup, saya merasakan sekali ketergantungan Gen Z ini pada gawai. Sulit sekali mengalihkan perhatian mereka dari layar handphone. Apalagi dengan sistem daring (dalam batas waktu yang tidak ditentukan), dimana materi pelajaran dan tugas-tugas diberikan dan dikumpulkan dengan mengunakan jaringan internet. 

Tentu saja hal ini membentuk pola interaksi yang jauh berbeda dibanding generasi-generasi sebelumnya. Tidak ada cerita Gen Z mengadakan perjanjian bertemu hanya mengandalkan janji yang diucapkan seminggu sebelumnya, seperti yang umum dilakukan Gen X. Gen Z akan memastikan waktu pertemuan hingga ke menit-menitnya. Dan tentunya didukung dengan perkembangan teknologi komunikasi yang luar biasa sperti sekarang.

 Ini tentunya akan membuat perubahan besar-besaran pada gaya hidup dan pilihan profesi di masa mendatang. 

Pilihan profesi masa depan yang diminati Gen Z


 

Bagaimana cara mendampingi anak yang lahir sebagai Gen Z?

Dya Loretta dalam webinar yang diadakan Sabtu lalu, menegaskan, bahwa, mau tidak mau kita sebagai orangtua harus KEPO terhadap kebiasaan-kebiasaan anak. Aplikasi apa yang lebih sering mereka akses di internet. Apakah bermuatan negatif yang menjadi ‘sampah’ yang akan menghambat jalan mereka di masa depan. Ataukah informasi-informasi penting yang bermanfaat untuk membuka wawasan mereka.

 Di titik inilah sebetulnya pentingnya pendampingan orangtua, terutama ibu, pada Gen Z agar tidak sembarangan membuka aplikasi di internet. Sayangnya tidak semua anak terbuka kepada orangtuanya. Dya Loretta menyebutkan lagi, salah satu tips untuk mencegah anak terjerumus adalah ibu harus melek internet. Harus update terhadap aplikasi yang marak dan sering digunakan anak.

 Menurut Bu Dosen yang memiliki nama lengkap RA Loretta Kartikasari., SE., M.Ikom., CSP, CPM ini Gen Z memiliki beberapa karakter yang khas. Karakter Gen Z 


 


1. Lebih visual dan kreatif 

2. Lebih memahami perkembangan tehnologi 

3. Menjadi bos bagi diri sendiri 

4. Menyukai komunikasi yang bersifat hiburan 

5. Berpikiran terbuka 

Dengan karakter yang demikian khas dan jauh berbeda dengan generasi sebelumnya (baik generasi milenial dan generasi X ) tentu wajib bagi orang tua untuk mempersiapkan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Salah satunya dengan memberikan pendidikan terpadu, yang bisa memberikan pendidikan yang fleksibel antara kegiatan online dan offline. Salah satu sekolah di Indonesia yang mengembangkan sistem terpadu ini adalah SMA PINTAR LAZUARDI. 

Yuk, Mengenal SMA PINTAR LAZUARDI

SMA PINTAR LAZUARDI merupakan pengembangan dari sekolah Lazuardi Group yang beroperasi sejak tahun 2021. Sebagai lembaga pendidikan yang konsisten memberikan sumbangsih pada sistem pendidikan di tanah air, dan bersikap dinamis terhadap perubahan jaman, maka dikembangkanlah sistem sekolah online dengan menyelenggarakan SMA Blended Learning, tanpa meninggalkan kreativitas secara optimum. 

Yaitu dengan cara menambah kreativitas mandiri siswa lewat project based learning. Didukung Learning Management System (LMS) yang diberi nama : PINTAR (Pedagogical Intelligence Architecture).

Blended Learning

 

Ibu Sonya, Kepala sekolah SMA PINTAR  Lazuardi, menjelaskan  Learning Management System merupakan salah satu strategi pedagogi (pembelajaran) online yang memperhatikan keterikatan antara peserta didik dengan proses pembelajaran melalui proses timbal balik yang didukung oleh aplikasi canggih yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

Mengacu pada kurikulum nasional yang diperkaya dengan kurikulum dari berbagai negara dan kurikulum keahlian, SMA Lazuardi memiliki visi dan misi luhur. Yaitu : Masyarakat berbudaya luhur berlandaskan kebaikan welas asih dan kebahagiaan spiritual. Serta menggali dan mengembangkan potensi setiap individu dalam menciptakan perbaikan kehidupan.

 


Keunggulan LMS PINTAR yang membuat sekolah online ini berbeda dengan sekolah lainnya adalah :

Multipart 

Materi pembelajaran disampaikan dalam bagian-bagian kecil dan fundamental dari sebuah mata pelajaran.Agar siswa mudah memahami materi secara mandiri.

Feedback System 

Untuk memastikan peserta didik terlibat aktif, berinteraksi,saling memberi dan menerima umpan balik(feedback) untuk efektivitas belajar. mengetahui capaian hasil belajar,terbentuknya komunitas belajar. 

Differentiate Learning 

Dimulai dengan mendiagnosa kebutuhan siswa sehingga bisa memberikan pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

 Learning Path

 Setiap peserta didik memiliki ‘peta’ prestasi sendiri untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal. 

Multi Friendly Content

 Materi pelajaran dikemas dalam rgam bentuk sesuai kebutuhan siswa didik agar mudah dipahami. 

Gamification 

Pelajaran online ini juga ditambahkan dengan unsur games agar siswa mendapatkan keseruan dan kesenangan selama proses belajar. 

Keberadaan SMA PINTAR Lazuardi tentu menjadi angin segar bagi para orang tua yang ingin memberikan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Seperti angin angin segar yang membawa perubahan dalam upaya menghantarkan anak Gen Z meraih impian di masa depan. Tertarik dengan konsep pendidikan di SMA PINTAR Lazuardi? 

Silahkan kontak :

smapintarlazuardi@gmail.com


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Akademia LEAD by IndiHome, Solusi Untuk Anak Yang Hobi Game Online

Pentingnya pengasuhan anak agar cerdas bergame online (Foto : Pixabay) Dear Mom, pusing nggak sih melihat anak-anak nge-game online melulu? Sepertinya ini problem yang dimiliki hampir semua orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Persoalan ini makin rumit karena pada akhir-akhir ini sistem pembelajaran jarak jauh kembali diberlakukan di beberapa wilayah. Berdalih untuk memudahkan proses belajar, anak-anak memiliki keleluasaan untuk berlama-lama menggunakan gawai. Terlebih jika tersedia jaringan internet cepat di rumah, oh, tentu membuat anak-anak senang menghabiskan waktu untuk bergame ria. Dengan catatan, hal itu terjadi jika orang tua tidak peduli dengan kegiatan anaknya selama di rumah. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat berbincang dengan seorang teman, seorang ibu yang berprofesi sebagai   praktisi pendidikan, Lita Edia. Beliau mengatakan, bahwa kita tidak bisa menahan kemajuan teknologi yang mengubah kehidupan kita. Kita tidak bisa membalikkan zaman, tetapi kita bisa m

Cerahkan Desember Dengan Satu Klik, Bikin Semua Lebih Asyik

  Aplikasi terbaru myIndiHome, memudahkan pengguna internet (Foto : Fixabay) Desember tahun ini diawali dengan banyak peristiwa heboh yang menguras emosi dan menimbulkan kesedihan mendalam. Dari kasus bunuh diri seorang mahasiswi di samping kuburan ayahnya yang melibatkan seorang oknum polisi. Kasus yang akhirnya terungkap akibat kegaduhan netizen di media sosial. Sayangnya, keadilan tidak bisa menyelamatkan korban yang telanjur putus asa dan memilih mengakhiri hidupnya. Kesedihan di dunia maya belum sepenuhnya hilang, disusul peristiwa meletusnya gunung tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru. Terlalu mengejutkan rasanya. Tidak ada yang bisa mencegah peristiwa alam sehebat gunung meletus, hanya saja kita masih bisa berdoa, semoga erupsi gunung ini tidak terlalu banyak memakan korban jiwa, dan masyarakat bisa segera pulih dan beraktivitas seperti biasa. Tentunya ini memerlukan bantuan dan dukungan semua pihak. Selain peristiwa di atas, ada satu peristiwa yang cukup mempengaruhi

Faiz, Anak Down Syndrome yang Berbakat Jadi Model Cilik.

  Menjadi model dalam balutan beskap produk khas Lelaki Kecil Saya tidak pernah menyangka, Faiz, putra ke-3 Mbak Sri Rahayu akan tumbuh sehat, ceria, penuh percaya diri dan menggemaskan, seperti yang tampak dalam foto-foto yang kerap diunggah ibunya ke media sosial. Saya bahkan hampir tak percaya, ia bisa bertahan sampai sebesar ini, dan baik-baik saja. Mengingat awal kelahirannya yang penuh drama dan air mata. Riwayat kelahiran dengan jantungnya yang bocor saja sudah cukup memukul perasaan, ditambah dengan kenyataan pahit, Faiz didiagnosa Down Syndrome. Entah berapa banyak teman-teman kecil seperjuangannya yang telah berpulang. Namun, Faiz tetap bertahan. Untuk lebih lengkapnya, yuk, mengenal Faiz, model cilik lewat penuturan Sri Rahayu, Sang Bunda. Wanita berhijab ini adalah seorang penulis, blogger dan vlogger yang cukup lama berkecimpung di dunia maya.   Sosok Faiz yang rapuh di awal kelahiran (doc Bunda Faiz) Awal Kelahiran Yang Penuh Ujian Hari itu, 11 Januari 2018, hari yang tak